Join Me On Facebook Info Jerawat: JERAWAT DAN KARBOHIDRAT, FAKTA DAN FIKSI

Rabu, 30 Januari 2013

JERAWAT DAN KARBOHIDRAT, FAKTA DAN FIKSI

Apakah kamu karbofobhia.? Atau kamu berfikir jika kamu mengkonsumsi karbohidrat akan meningkatkan level gula darah, yang berujung pada masalah  kesehatan termasuk kulit, dan mengganggap dengan diet rendah karbohidrat semua masalahmu teratasi.?

Jika kamu adalah orang dengan kategori seperti yang saya sebutkan di atas, kamu datang ke tempat yang benar , Dan dengarkan penjelasan saya berikut ini.

Jerawat dan karbohidrat” sains dan omong-kosong

Dalam berbagai forum kecantikan, majalah kesehatan, ataupun artikel mengenai kesehatan kulit, banyak yang salah kaprah mengenai karbohidrat dan jerawat. Biasanya berisi artikel yang menjustisfikasi bahwa karbohidrat adalah penyebab jerawat.

Informasi tersebut dipaparkan sebagai berikut:

Karbohidrat yang kamu konsumsi akan diproses oleh tubuh yang nantinya akan diubah menjadi Gula (glukosa). Sehingga terjadi peningkatan level gula darah, Peningkatan ini direspon oleh pankreas dengan melepaskan insulin yang bertujuan menstabilkan kembali gula darah. Sehingga pankreas memproduksi lebih banyak insulin untuk menekan gula darah.

Kenaikkan Gula darah berbanding lurus dengan jumlah insulin yang dilepaskan oleh pankreas yang tentu saja berbahaya bagi kesehatan, salah satunya jerawat. Jadi logikanya, jika kamu menghindari karbohidrat maka kamu akan terbebas dari jerawat.

Parahnya adalah bahwa semua yang di jelaskan diatas diterima mentah-mentah begitu saja.

Memang benar bahwa gula darah yang tinggi menyebabkan timbulnya jerawat dan masalah kesehatan lainnya. Dan terlalu banyak insulin bukanlah hal yang baik.

Namun karbohidrat bukanlah penyebab jerawat

Mari saya jelaskan bagaimana gula darah bekerja

Kamu memakan sesuatu--> makanan diolah menjadi glukosa (simple sugar) --> insulin membawa glukosa untuk disimpan di dalam sel.

Tubuh kamu memiliki sistem untuk menjaga kestabilan gula darah. Sepanjang sistem ini bekerja dengan baik, apapun dan berapapun jumlah makanan yang kamu konsumsi gula darahmu akan tetap stabil. Namun jika sistem ini tidak bekerja dengan baik, maka berbagai macam masalah kesehatanpun akan muncul.

Sebagai pemeran utama dalam menjaga kestabilan gula darah adalah hormon insulin. Permasalahannya adalah tubuh yang tidak sehat akan cenderung mengalami resistensi insulin. Dimana sel-sel tubuh tidak bereaksi terhadap hormon insulin, sehingga pankreas terus memproduksi hormon tersebut dalam jumlah besar sampai gula darahmu kembali normal. Kaitannya adalah insulin dalam jumlah besar bukanlah hal yang baik bagi kulitmu. Insulin akan mengaktifkan kelenjar sebasea untuk memproduksi sebum lebih banyak pada wajahmu, dan tentu saja hilirnya adalah jerawat.

Yang berarti kamu hanya memiliki masalah kesehatan jika kamu mengalami resistensi insulin.
Resistensi insulin merupakan suatu masalah yang kompleks. Banyak hal-hal yang tidak kamu ketahui, namun beberapa penyebab utamanya adalah. 
  • Terlalu banyak mengkonsumsi lemak
  • Terlalu banyak mengkonsumsi kalori
  • Stres dan penumpukan toksin
  • Istirahat yang tidak mencukupi
  • Gaya hidup yang malas. “Kurangnya aktifitas fisik”
Kesimpulannya adalah, orang dengan kondisi resistensi insulin akan berjerawat jika mengkonsumsi karbohidrat. Begitu juga sebaliknya, orang yang tidak mengalami masalah resistensi insulin tidak akan mengalami masalah dengan kesehatannya jika ia mengkonsumsi karbohidrat

8 komentar:

  1. Aku punya problem mslh jerawat yg msh blm sembuh jg sampai skrg & bahkan aku pergi ke dokter kulit terkenal & saran2nya udh aku ikuti itu jg nggk ada hasilnya. Coba anda bayangkan udh brp dokter yg aku datangi tp hasilnya tetap nihil. Aku sering baca2 di google menyembuhkan jerawat scr alami itupun udh aku coba tp tetep nol? Bisakah anda membantuku?

    BalasHapus
  2. Kenali penyebab utama masalah jerawat anda! jerawat tidak akan pernah sembuh jika penyebab utamanya tidak diatasi! umumnya jerawat dikarenakan gaya hidup yang kurang sehat! untuk permulaan cobalah detoks. Namun dengan detoks tidak berarti masalah anda lansung teratasi! ikuti saja artikel saya.

    BalasHapus
  3. Numpang nulis, kamu harus perhatikan ini. Hasil jerawat adalah zat warna putih seperti nasi atau tepung atau segala macam tepung jenis karbohidrat. Kita harus membuktikannya, yaitu makanlah jamur pengembang roti, yang ku pakai adalah fermipan, dia bekerja mengfermentasi segala jenis tepung. tepung akan diubah menjadi zat yg mudah diterima atau dimakan kulit kita. Aku pernah mencobakan kepada temanku, dan hasilnya jerawat agak berkurang, tapi ada juga yang sembuh. Yang jelas bagi yang belum sembuh, tentunya masih ada bakteri di dalamnya yang masih hidup dan selalu menggagalkan fungsi karbohidrat yang akan dimakan kulit kita. Yang hanya akan tertumpuk di situ. Obatilah jerawat dengan fermipan, Insya Alloh dengan logika yang tadi bisa sembuh. Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  4. logikaku lebih sederhana, tapi cenderung sembuh

    BalasHapus
  5. artikel yang sangat menarik mas feri, menambah pengetahuan mengenai kesehatan

    salam ,

    ibu sri ikawati http://caramengatasijerawat.blogdetik.com/

    BalasHapus
  6. Artikel tentang jerawatnya sangat bermanfaat dan bisa nih di jadiin referensi buat temen2 yang lain

    Salam Kenal
    www.perawatan-wajah.com

    Terimakasih :)

    BalasHapus
  7. Jerawat pada prinsipnya bisa dicegah dengan tidak makan makanan yang bisa mendatangkan munculnya jerawat. Makanan yang mengandung gula, susu, alkohol, kafein dan makanan cepat saji, bisa menjadi faktor pendorong munculnya jerawat di tubuh kita. Demikian yang saya kutip dari http://goo.gl/m0KpFm

    BalasHapus

Jika anda mengalami Masalh Jerawat, silahkan bertanya disini, saya akan membantu anda dengan senang hati