Join Me On Facebook Info Jerawat: PENYEBAB TERJADINYA JERAWAT

Senin, 02 Mei 2011

PENYEBAB TERJADINYA JERAWAT

Jerawat paling sering menyerang remaja, tetapi bisa terjadi pada semua usia. Keadaan ini biasanya mulai timbul pada masa pubertas dan bisa berlanjut selama bertahun-tahun. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar sebasea (kelenjar penghasil minyak) di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang juga bisa memicu timbulnya jerawat terjadi pada masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB atau stres.

Selama masa pubertas, kelenjar sebasea pada pemukaan kulit menjadi lebih aktif dan menghasilkan minyak yang berlebihan. Minyak yang mengering, kulit yang mengelupas dan bakteri berkumpul dalam pori-pori kulit dan membentuk komedo. Komedo menyebabkan tersumbatnya aliran minyak dari selubung akar rambut (folikel) ke pori-pori. Jika penyumbatannya parsial, akan timbul bintil hitam pada pori-pori, jika penyumbatannya total, akan timbul bintil putih.


Bakteri tumbuh dan berkembang di dalam pori-pori yang tersumbat dan menguraikan beberapa lemak di dalam minyak yang menyebabkan iritasi serta peradangan pada kulit. Jerawat merupakan bintil hitam dan bintil putih yang mengalami iritasi. Ciri-cirinya dapat terlihat jelas, terjadinya pembengkakan pada kulit serta lebih terlihat memerah. Kadang jerawat juga berisi nanah.

Sedangkan pada usia dewasa jerawat cenderung disebabkan karena kondisi kesehatan tubuh yang tidak baik. Pola diet yang buruk, penumpukan racun di hati usus ginjal dan darah, asupan gula yang berlebihan, makanan yang kurang memenuhi kriteria gizi yang baik, serta kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan jerawat. Akibat dari kebiasaan buruk tersebut menyebabkan hormon yang terganggu, kadar gula dalam darah yang meningkat menyebabkan kulit berminyak serta regenerasi kulit yang tidak sempurna, kondisi imun yang buruk menyebabkan komedo menjadi jerawat yang lebih besar. jerawat dewasa lebih sulit untuk diatasi karena tubuh membutuhkan waktu untuk mengembalikan kondisi keadaannya menjadi lebih sehat.

2 komentar:

  1. halo nanya dong, wajah ku beruntusan. kalo di pipi kiri sudah cukup bagus, tapi di pipi kanan dari dulu tidak pernah hilang. ciri2 jerawat saya seperti jerawat batu yang mau tumbuh, tetapi tidak kunjung besar dan tidak disertai rasa sakit. lalu, ada noda hitam bekas jerawat, warnanya merah ke coklatan, besar nya seperti jerawat. kira2 bagaimana ya cara mengatasinya? alami, cepat, dan ampuh. terimakasih.

    BalasHapus
  2. dan satu lagi, wajah saya berlubang karena dulu saya sering mengopek2 nya, bagaimana cara memulihkan wajah berlubang itu agar kembali mulus dan kencang? karena tahun depan saya akan berangkat ke korea untuk melanjutkan studi saya. sangat tidak percaya diri lah saya bila hanya saya yang memiliki wajah beruntusan dan berlubang di korea selatan. terima kasih :)

    BalasHapus

Jika anda mengalami Masalh Jerawat, silahkan bertanya disini, saya akan membantu anda dengan senang hati